Alat Dan Bahan Serta Cara Membuat Batik Tulis Secara Sederhana

Masih seputar batik membatik, dan kami akan mencoba terus untuk mengkampanyekan kecintaan kita sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai budaya asli batik. Artikel ini akan mengulas secara singkat mengenai alat dan bahan untuk membuat batik tulis. Namun sebelumnya mohon maaf jika artikel ini masih banyak kurangya ya, maklum mungkin sepengetahuannya saja. Gak apa apalah, yang penting saya nulis disini juga sebagai pengingat saya juga. Sebagai catatan perjalanan dalam bisnis batik saya. hehe…peace

Mas dan mbak penasarankah bagaimana cara membuat batik tulis ? Ya, saya anggap saja anda sedang sangat penasaran. Karena dulunya saya juga penasaran, karena rasa penasaran jadi kesasar menjadi pembuat dan penjual batik..wkwk…So, penasaran itu bagus ya?

Saking penasarannya, kemudian saya browsing banyak artikel tentang cara membuat batik tulis. Dan mencari tau tentang alat dan bahan untuk membuat batik tulis. Dari banyak sumber saya dapatkan artikel itu, namun hampir kesemuanya sama. Yang di bahas ya alat dan bahan itu sadja, artikelnya hampir sama. Ya gak apa apa, wong memang alat dan bahan untuk membuat batik tulis pun tak banya mengalami perubahan. Jadi sah aja to.

Duh, malah cerita ngalor ngidul..biarin, ntar juga sampe ke pembahasan. Cerita lagi aja, selain penasaran saya juga merasa dendam, lha mau beli batik tulis kok mahal. Padahal sebenarnya mahal itu kan relatif, bagi saya mahal ( saat itu ), tapi sekarang saya anggap biasa saja. Karena paham bagaimana cara membuat batik tulis yang sebenarnya. Dan rasa dendam gak mampu membeli itulah yang membuat saat ini saya memproduksi batik tulis abstrak kontemporer.

Alat dan bahan untuk membuat batik tulis adalah, sebentar cerita lagi sedikit. Batik tulis yang kami buat adalah batik tulis abstrak, sehingga ada yang bilang bahwa ini bukan batik tapi lukisan. Ya, mungkin bagi mereka yang disebut batik itu ya seperti adanya, dengan pola teratur, tradisional dan rumit. Cuma bagi saya, batik itu adalah sebuah proses. Bukan tentang motif atau pola.

Lha kalau image tentang batik aja sudah berpikir tentang rumit, susah, ribet dan sebagainya. membayangkan cara membuat batik yang sulit. Kapan kita bisa membuat batik? Saat mau mencoba mundur, mau bergerak mundur lagi. Akhirnya, gak jadi deh membuat batik tulis dan menyerah. Sedangkan banyak dipasaran batik dari negara lain, eh, bukan batik ding tapi kain yang disablon motif batik..haha…

Jadi maksud saya, cintai dulu batik. Dengan memahami bagaimana cara membuat batik tulis. Pelajari alat dan bahan untuk membuat batik tulis, dan bagaimana proses membuat batik tulis. Untuk pola atau motif terserah, yang jelas ketika kita suka dengan gaya motif batik tertentu maka rasa cinta kita terhadap kain batik buatan negeri sendiri akan lebih besar. Prestige bro !!

Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

Dah, masuk ke alat dan bahan untuk membuat batik tulis. Yang saya tahu, alat dan bahan untuk membuat batik tulis antara lain sebagai berikut :

Kain mori.
Kain mori putih merupakan bahan untuk membuat batik. Kain ini bisa kita dapatkan di pasar – pasar penjual kain. Kain ini warnanya putih, bahannya bisa terbuat dari katun, bahan dolby, paris maupun sutra. Yang lebih mudah digunakan sebagai bahan membuat batik adalah kain katun. Biasanya katun yang dipilih antara katun prima dan katun primissima. Dua bahan itu yang kebanyakan kita jumpai dalam membuat batik.

Canthing
Canthing adalah alat untuk membuat batik tulis. Canthing ini bentuknya lengkung pucuknya, dengan kepala canthing yang digunakan sebagai wadah lilin/malam. Lilin/malam akan mengalir melalui mulut canthing dan kita gunakan untuk menggambar motif di kain mori tadi.

Lilin/malam (wax )
Lilin atau malam ( wax ) merupakan cairan yang digunakan sebagai perintang warna. Terbuat dari bahan khusus, sehingga bisa digunakan untuk merintangi warna di kain mori tadi. Warnanya ada yang coklat bening, coklat hitam, maupun putih. Untuk bisa menggunakan lilin ini, kita harus memanaskannya dengan api. Api jangan terlalu besar, juga jangan terlalu kecil. Usahakan api tersebut merata ke seluruh permukaan bawah wajan yang telah di isi dengan lilin, sehingga lilin meleleh dengan sempurna.

Kompor
Kompor di gunakan sebagai alat untuk menopang wajan yang terisi lilin dan memanasi lilin tersebut. Biasanya untuk bahan bakarnya menggunakan minyak tanah. Namun saat ini minyak tanah susah di dapat bro ! Alternatifnya ya menggunakan solar ( kalau saya ) haha..kompor yang digunakan adalah kompor kecil, bukan kompor gas. Ingat, jangan kompor gas.

Wajan kecil
Wajan digunakan sebagai wadah lilin untuk dipanaskan. Seperti layaknya kita menggoreng. Setelah panas, maka lilin akan mencair seperti minyak goreng. Nah, kemudian cairan lilin kita ambil dengan canthing atau kuas untuk melukis atau menggambar pola di kain mori.

Pewarna
Batik akan lebih indah jika di warnai. Bener gak ? hehe. Nah, pewarna untuk batik bisa dari alam juga pewarna kimia.  Mudahnya jika kita ingin praktis ya pakai pewarna kimia, namun jika suka dengan pewarna alam ya monggo – monggo saja. Pewarna alam lebih aman, awet serta harga batik nya pun mahal. Karena proses membuat warna alam pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jadi wajar saja jika batik tulis dengan pewarna alam maka harganya jauh lebih mahal dari pada batik tulis dengan pewarna kimia.

Waterglass
Bahan untuk membuat batik tulis berikutnya adalah waterglass. Guna waterglass adalah sebagai pengunci warna yang telah selesai pada selembar kain. Dengan waterglass maka warna tidak akan luntur dan tercampur saat proses pelorodan.

Jimbeng/Kenceng
Alat dan bahan untuk membuat bati tulis lainnya saya sebut dengan jimbeng. Jimbeng adalah wadah untuk merebus kain setelah proses selesai, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan malam dari kain. Jimbeng bisa juga di ganti dengan wadah lain sesuai keinginan anda saja, jadi woles saja. Gak harus sama. Sesuaikan dengan kondisi yang ada.

Nah,  saya kira hal yang pokok sebagai alat dan bahan untuk membuat batik tulis dari saya segitu dulu. Nanti jika ada hal lain saya tambahkan, ya menurut saya alat dan bahan untuk membuat batik tulis yang wajib ya seperti saya sebutkan di atas, jika mau ditambahi lagi silahkan…haha…

Oke, sepertinya saya cukup banyak menulis artikel ini. Kalau artikel ini bermanfaat saya ucapkan alhamdulillah, kalau tidak ya alhamdulillah. Harapan saya, cintailah batik sebagai budaya yang harus dilestarikan dan dipertahankan. Jangan sampai anak cucu kita gak mudeng apa itu batik, gak paham tentang cara membuat batik sehingga batik akan hilang dari budaya masyarakat kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *