3 Cara Menentukan Kain Batik Yang Bagus

Biasanya kita kesulitan dalam memilih jenis batik yang bagus untuk kita pakai sebagai uniform kita. Sebab, banyak sekali ragam jenis batik di pasaran yang selalu akan berkembang sepanjang masa. Dunia modern ini, produk batik semakin luas peningkatan corak serta motif dalam dunia bisnis. Sebab, mesin – mesin canggih tercipta untuk mempermudah produksi batik ataupun produk fashion lainnya.

Semakin banyak dan berkembangnya bisnis batik menjadikan persaingan dalam usaha ini cukup ketat. Jika tidak diimbangi dengan konsep pelestarian budaya, maka produk kita akan kalah dengan produk batik bangsa lain. Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk pengembangan usaha batik lokal maupun nasional. Salah satu upaya peran pemerintah yaitu diwajibkannya para pegawai negeri untuk menggunakan baju atau seragam batik saat bekerja.

Beragamnya motif dan jenis kain memberikan kita banyak pilihan. Pilihan tersebut terkadang membuat diri kita menjadi bingung. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Karena apapun juga, batik asli Indonesia lah yang sangat menarik bagi kita saat ini. Produk lokal tak kalah dengan produk batik buatan luar negeri. Nah, bagaimana kita bisa menentukan jenis batik yang bagus tersebut? Berikut ini 3 cara menentukan jenis batik yang bagus menurut kami.

3 Cara Menentukan Jenis Batik Yang Bagus

1. Pilihlah jenis kain yang terasa dingin jika dipakai.

Kain ini biasanya adalah kain katun. Kain katun bermacam – macam jenisnya, ada katun primiss dan katun prima. Katun yang bagus adalah jenis kain katun primiss. Kain tersebut halus jika di pegang. Dan jika dipakai pun tidak panas. jenis kain katun prima lebih kasar, sehingga harganya lebih murah. Tentunya kita tidak mencari harga yang murah namun tidak nyaman dipakai bukan ? Saran untuk anda, sesuaikan dengan budget anda. Jika memang batik berbahan katun prima lebih cocok dipakai ya silahkan, tidak masalah.

2. Lihat sisi depan dan belakang dari kain batik.

Jika sisi depan dan belakang atau sisi luar dan dalam terlihat sama, atau corak motifnya sama merupakan salah satu ciri batik tulis atau batik cap. Batik tulis mempunyai kekuatan warna yang tidak mudah pudar. Sebab dikerjakan secara manual serta teliti. Demikian juga dengan batik cap. Sebenarnya batik cap pun dikategorikan kepada jenis batik tulis, akan tetapi tekhnik pengerjaannya menggunakan cap.

3. Cek harga kain batik. Ada istilah ada harga ada rupa.

Artinya, jika harga terlalu murah kecenderungan jenis kainnya pun kurang bagus. Sebab, kain yang bagus tentunya harga lebih mahal dari kain yang kurang bagus. Pasti ada selisih harga lebih yang menentukan kualitas daripada kain batik tersebut. Jika selisih harga tidak terlalu banyak, pilihlah yang lebih mahal. Perhatikan dua poin di atas yang sudah kami sebutkan di atas.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Dan bisa menjadi tolok ukur ketika anda akan membeli sebuah kain batik yang akan menunjukkan performance anda sehari – hari. Demikian 3 cara menentukan jenis batik yang bagus, selanjutnya akan kami share artikel yang bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *